15 Pesona Rote, The hidden paradise

Sampai dengan saat ini tidak semua orang mengetahui dimana Rote berada. Saya pernah mengalami ini berkali-kali saat berkenalan dengan teman baru yang berasal dari luar NTT. Tidak semua juga bahkan tidak tahu dimana provinsi NTT itu. Hal ini menggelitik saya untuk menanyakan kembali apa yang diajarkan guru-guru Geografi di sekolah.

Terlepas dari itu Rote memang suatu pulau yang kecil di beranda selatan NKRI. Saking kecilnya sehingga tidak masuk hitungan bagi daerah-daerah yang potensial. Satu hal yang membuat Rote terkenal akhir-akhir ini adalah karena pemandangan alamnya yang menawan dan letaknya yang strategis, yaitu di paling selatan Indonesia. Tak heran Rote dikenal dengan sebutan The hidden paradise.

Ini akan melengkapi 15 alasan mengapa Anda perlu mengunjungi Rote.

Pantai Tongga Rote, courtesy of Jolis Photography.

Pantai Tongga Rote, courtesy of Jolis Photography.

  1. Rasakan sensasi pantai-pantai Hawaii di Rote
Pantai Tasilo, Rote. Courtesy: insomari-travel.com

Pantai Tasilo, Rote. Courtesy: insomari-travel.com

Sama seperti kebanyakan pulau di wilayah Indonesia Timur, pantai-pantai di Rote ibarat di Hawaii. Pasirnya yang putih, halus dan air laut Samudera Hindia yang jernih membuat Anda pasti tidak menunda untuk mengabadikan momen terbaik Anda disana. Yang membedakan pantai di Rote dan Hawaii hanyalah keramaian.

Courtesy: Ginanjar Pratiwi

Courtesy: Ginanjar Pratiwi

Jika Anda mendambakan nuansa pantai dengan air laut yang hangat, siraman matahari yang terang dan suasana yang sepi pengunjung maka Rote lah tempat yang untuk Anda. Sepanjang Anda berjalan mengitari Rote, Anda akan selalu menemukan pantai-pantai yang indah dengan pasir putih, air laut nya yang jernih, lambaian daun pohon-pohon kelapa dan pemandangan alam yang menyejukkan hati dan membuat Anda bersyukur pada Sang Pencipta.

Courtesy of Jolis Photography.

Sebuah pantai di kecamatan Rote Timur. Tampak pasir putih sepanjang garis pantai dengan air laut yang jernih dan langit yang biru. Courtesy of Jolis Photography.

Rote memiliki banyak pantai hampir di sekeliling pulaunya. Sebutlah pantai Tungganamo di kecamatan Pantai Baru, pantai Rote Timur di kecamatan Rote Timur, pantai Nemberalla dan Boa di kecamatan Rote Barat, pantai Oeseli di kecamatan Rote Barat Daya, pantai Leli di Rote Tengah, pantai Nusakdale kecamatan Pantai Baru, pantai Tasilo di kecamatan Rote Barat Laut, pantai Mitiboa di kecamatan Rote Selatan. Semua kecamatan di Rote memiliki pantai yang indah-indah.

Pantai Mulut Seribu Rote, courtesy of Jolis Photography

Pantai Mulut Seribu Rote, courtesy of Jolis Photography

  1. Pesona mulut seribu

Tahukah Anda bahwa pulau Rote memiliki teluk yang menampung labirin-labirin yang elok dan tak terhitung banyaknya yang pada pinggirnya dihiasi dengan pasir-pasir putih? Orang Rote menyebutnya Mulut Seribu karena letaknya di teluk di kecamatan Rote Timur. Selain itu karena jumlahnya yang tak terhitung membuat tidak setiap orang dapat menghafal jalan keluar dari mulut seribu. Anda bisa terperangkap di dalamnya. Karenaitu wisatawan yang kesana harus ditemani oleh pemandu lokal yang menghafal jalan keluar. Nah bersiaplah ber-adventure ria mengitari Mulut Seribu Rote.

Source: tourism.nttprov.go.id

Danau Laut Mati di pulau Rote, NTT. Source: tourism.nttprov.go.id

  1. Danau Laut Mati

Rupanya di dunia ini laut mati tidak hanya terdapat di Israel, tetapi juga ada di pulau Rote. Betapa tidak, di tengah-tengah pulau ini terdapat beberapa danau laut mati. Bukan hanya satu! Danau laut mati ini berisi air laut, namun tidak bermuara ke laut. Uniknya danau ini memiliki aneka satwa laut dan habitat bagi ikan air tawar.

Jika Anda menyukai travelling, maka ada baiknya Anda membawa kemah dan menyapa pagi di pinggir Danau Laut Mati, karena danau ini juga menjadi tempat hidup dan persinggahan berbagai spesies burung baik yang langka dan hampir punah hingga spesies burung yang migrasi dari Australia.

Sasando. Courtesy of Sherwin Ufi

Sasando. Courtesy: sherwinufi.wordpress.com

  1. Sasando

Tahukah Anda bahwa Sasando, alat musik petik tradisional, berasal dari pulau Rote? Ya, pulau ini memiliki ribuan pohon lontar sehingga dijuluki The island of thousand palms. Dengan daun pohon lontar lah nenek moyang orang Rote menciptakan Sasando.

Daya musikalitas dan kreatifitas mereka yang tinggi menjadikan mereka dapat menciptakan Sasando gong dan biola dari daun palem, bambu dan tali senar. Sasando gong memiliki irama pentatonik, tetapi Sasando biola memiliki jumlah senar yang jauh lebih banyak daripada Sasando gong sehingga dapat dipakai untuk mengiringi musik atau lagu kontemporer. Sasando biola memiliki jumlah senar yang beragam. Ada yang 28, 30, 32, atau 34 senar. Semakin banyak jumlah senarnya, semakin banyak pula pilihan untuk memainkan musik kontemporer.

Di Rote Anda akan menemukan sanggar-sanggar Sasando yang tersebar di beberapa kecamatan. Rasanya kurang lengkap apabila Anda ke sini dan belum melihat atau belajar memainkan Sasando.

  1. Ti’i Langga
Ti'i langga, topi tradisional orang Rote. Courtesy: citizenimages.kompas.com

Ti’i langga, topi tradisional orang Rote. Courtesy: citizenimages.kompas.com

Ti’i Langga adalah topi tradisional orang Rote yang menjadi simbol daerah. Topi ti’i langga terbuat dari anyaman daun lontar. Topi ini terbilang unik karena memiliki antena yang menjulang ke atas. Konon antena ini menyimbolkan hubungan antara manusia dan Sang Pencipta.

Biasanya orang Rote memberikan topi ti’i langga sebagai hadiah kepada tamu yang baru pertama kali ke Rote atau pun tamu kehormatan.

  1. Bukit Bebalain atau Bukit Teletubbies
Bukit Bebalain Rote. Sering disebut bukit Teletubbies. Courtesy: rotemengajar.blogspot.com

Bukit Bebalain Rote. Sering disebut bukit Teletubbies. Courtesy: rotemengajar.blogspot.com

Nah, ini sebutan yang diberikan oleh Pengajar Muda Indonesia Mengajar yang ditempatkan di pulau Rote bagi bukit-bukit dengan rerumputan hijau yang mirip dengan bukit Teletubbies di televisi. Bukit ini terletak di kecamatan Lobalain.

Pada bukit Teletubbies ada hamparan perbukitan di dataran tinggi dikelilingi oleh pohon lontar dan di kejauhan Anda bisa melihat kecamatan Lobalain dengan lebih jelas.

  1. Tangga 300
Tangga 300 Rote dengan hamparan pantai dan laut biru di kejauhan.  Coutesy: Tengakarta

Tangga 300 Rote dengan hamparan pantai dan laut biru di kejauhan. Coutesy: Tengakarta

Disebut tangga 300 karena jumlah anak tangganya yang mencapai 300 buah. Tangga 300 yang sering disebut sebagai obyek wisata Mando’o ini terletak di bukit Mando’o, kecamatan Lobalain. Bagi Anda yang hobi hiking Anda akan tertantang untuk mendaki tangga 300 hingga ke puncaknya.

Bersiaplah untuk menikmati pemandangan yang indah dari puncak tangga 300. Anda dapat melihat sebagian kecamatan Lobalain dan Rote Barat Daya serta pantai selatan dengan ombak Samudera Hindia nya dari tempat ini.

Sunset di pantai Nemberalla. Courtesy: Jolis Photography.

Sunset di pantai Nemberalla. Courtesy: Jolis Photography.

  1. Pantai Nemberalla dan Boa
Pantai Nemberalla, Rote NTT. Courtesy: Arinta

Pantai Nemberalla, Rote NTT. Courtesy: Arinta

Sudahkah Anda mengunjungi pantai Nemberalla? Ini adalah salah satu tempat wisata yang terkenal dan diburu oleh wisatawan mancanegara untuk berselancar karena pantai-pantai ini menawarkan ombak yang tinggi dengan gulungan ombak tiada henti. Inilah yang membedakan pantai Nemberalla dan pantai Kute.

Cuacanya yang cerah, suasana pantai yang tidak crowded dengan wisatawan, dan pemandangan sunset yang mendamaikan hati menjadikan Anda betah berlama-lama untuk bermain-main di pantai ini. This is the hidden paradise.

Biasanya disekitar pantai ini diadakan lomba selancar tingkat dunia yang diendorse oleh Pemerintah Kabupaten Rote Ndao

Bukit Termanu Rote, dari kejauhan. Source: www.panoramio.com

Bukit Termanu Rote dengan pemandangan batu Termanu dan pohon lontar dari kejauhan. Source: http://www.panoramio.com

  1. Bukit Termanu

Bukit Termanu yang terletak di kecamatan Rote Tengah menyajikan savana dengan pemandangan sapi-sapi yang memakan rumput yang mengingatkan kita akan savana di Afrika. Bukan hanya itu, saat musim hujan, bukit-bukit ini menghijau dan hamparan perbukitan yang dekat dengan pantai di sepanjang jalan umum akan menggoda Anda untuk menikmati keindahannya.

Bukit Termanu juga memiliki dua batu besar yang disebut Batu Termanu yang terletak dekat kota Baa, ibukota Kabupaten Rote Ndao. Dari puncak batu Termanu, Anda dapat menikmati sunset, alam Rote dan keindahan pantai-pantai Rote dari kejauhan.

Dermaga kota Ba'a di malam hari dengan hamparan bintang-bintang. Courtesy: tengakarta.wordpress.com

Dermaga kota Ba’a di malam hari dengan hamparan bintang-bintang. Courtesy: tengakarta.wordpress.com

  1. Dermaga Baa

Rote memiliki dermaga yang selalu sibuk dengan aktivitas angkut muat barang di pelabuhan. Jika Anda hobi memancing, Anda dapat menghabiskan waktu dengan memancing di dermaga sambil menikmati sunset dan pemandangan tepi pantai serta kota Baa dari kejauhan.

  1. Pulau-pulau sekeliling Rote
Pulau Ndana, paling selatan Indonesia dan pantainya yang indah.  Sumber: www.indonesia-tourism.com

Pulau Ndana, paling selatan Indonesia dan pantainya yang indah. Sumber: http://www.indonesia-tourism.com

Nah, sebetulnya Rote bukanlah pulau terselatan seperti yang kebanyakan orang kira. Ada sebuah pulau terselatan Indonesia yaitu pulau Ndana. Pulau Ndana masih bagian dari Kabupaten Rote Ndao. Di pulau inilah Anda akan menjumpai rusa-rusa dari Rote yang hampir punah. Selain itu ada sebuah patung yang dijadikan sebagai monumen titik terselatan NKRI. Belum lengkap rasanya jika Anda ke Rote dan belum mengunjungi titik terselatan Indonesia ini. Untuk ke sini Anda perlu naik perahu motor dari Batutua, kecamatan Rote Barat Daya.

Pantai pulau Ndao. Courtesy: Jolis Photography.

Pantai pulau Ndao. Courtesy: Jolis Photography.

Selain Ndana, ada juga pulau Ndao. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bagi Anda yang hobi memancing Anda tidak mungkin tidak meyukai tempat ini. Di pulau ini Anda sangat mudah mendapatkan ikan dengan memancing tanpa umpan! Ya, cukup dengan menggunakan beberapa mata kail pada satu pancing Anda dapat mendapatkan ikan-ikan yang besar dan segar. Tempat memancingnya pun bukan di atas kapal, tetapi cukup dari dermaga pulau Ndao. Bukan hanya itu, Anda juga akan melihat sunset dari dermaga dan pantai Ndao dengan pasir putih yang panjang dan air laut yang sangat jernih

Sama seperti pulau Ndao, Pulau Nuse berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan berdekatan dengan pulau Ndao. Di pulau ini terdapat padang bunga yang tumbuh bermekaran dengan cantik dekat pantai yang berpasir putih membuat Anda merasakan sensasi Mediterania.

  1. Pemandangan bawah laut

Rote Ndao tidak hanya menjanjikan pemandangan pantainya, tetapi juga pemandangan bawah laut yang indah. Di Rote terdapat beberapa titik snorkelling, dimana Anda dapat menikmati kehidupan biota bawah laut.

Kura-kura leher ular, satwa langka endemik di pulau Rote, selatan Indonesia. Courtesy: www.profauna.net

Kura-kura leher ular, satwa langka endemik di pulau Rote, selatan Indonesia. Courtesy: http://www.profauna.net

  1. Satwa

Bagi Anda pencinta satwa selain rusa, pulau Rote juga memiliki kura-kura leher ular yang hampir punah yang terdapat di danau Peto, kecamatan Rote Tengah.

  1. Makanan khas Rote
Proses pembuatan gula lempeng asal Rote, NTT. Source: www.way2east.com

Proses pembuatan gula lempeng asal Rote, NTT. Source: http://www.way2east.com

Pulau Rote memiliki beberapa kuliner khas Rote yang memanjakan lidah Anda, antara lain lepa, dodol rumput laut, gula semut, gula lempeng, gula air. Kebanyakan makanan ini terbuat dari hasil sadapan pohon lontar yang tumbuh subur di Rote.

  1. Tenunan khas Rote
Orang Rote dengan tenunannya. Courtesy: Jolis Photography.

Orang Rote dengan tenunannya. Courtesy: Jolis Photography.

Tahukah Anda bahwa di hampir setiap pelosok NTT termasuk pulau Rote terdapat tenunan? Orang Ndao yang tinggal di Rote gemar menenun dan menjajakan hasil tenunan mereka di Rote. Tenunan Rote memiliki ciri khas pola yang unik. Anda dengan mudah mendapatkan tenunan-tenunan cantik ini di pantai Ndao, dekat dermaga Baa.

Sebetulnya masih banyak yang dapat saya bicarakan tentang pesona Rote. Misalnya ada kampung nelayan di Papela, dimana nelayan-nelayannya sering berlayar hingga ke pulau pasir dekat Australia, ada juga upacara adat Hus dimana orang Rote menunggang kuda mereka yang sudah dihiasi sambil mengitari lapangan, ada pula peninggalan rumah raja Rote. Semua ini ada di Rote.

Express Bahari, kapal cepat yang melayani penyeberangan Kupang-Rote pp setiap hari. Courtesy: www.berduakelilingindonesia.com

Express Bahari, kapal cepat yang melayani penyeberangan Kupang-Rote pp setiap hari. Courtesy: http://www.berduakelilingindonesia.com

Untuk ke Rote Anda perlu ke Kupang terlebih dahulu. Lalu ke Rote melalui pelabuhan penyeberangan Tenau dengan kapal cepat (waktu tempuh 2 jam) atau pun pelabuhan Bolok dengan kapal feri (waktu tempuh 4 jam). Jika Anda memilih pesawat, Anda dapat terbang ke Rote dari bandar udara El Tari Kupang dengan Wings Air yang beroperasi 3 kali seminggu (tiap Selasa, Kamis dan Sabtu). Mudah bukan?

2 responses to “15 Pesona Rote, The hidden paradise

  1. Would be good, in your promotion of the beautiful beaches of Rote, to support efforts to stop the massive sand theft from these pristine beaches by local Villagers for domestic construction purposes. Otherwise you can delete some of the points above, as those beaches will be ruined.

    Suka

    • If I’m not mistaken, there has been a local law to protect the sand by the excessive use for personal purposes. I realise that in certain areas there used to be attempts to make profits through sand minings. I do hope the policy made can effectively hamper these massive sand minings in coastal areas.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s